Yuk Intip 9 Program IIDN Tahun 2022

 

Siapa yang sudah nggak sabar untuk bisa ikutan program IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) tahun ini? Hmm, ada program apa saja ya tahun ini? Apakah ada program baru yang berbeda dari sebelumnya?

Pasca Meeting di Surabaya

Setelah melakukan meeting di Surabaya beberapa waktu lalu, pengurus IIDN sudah bersiap dengan beragam program yang menarik dan bermanfaat bagi semua membernya.

Secara umum, semua program yang akan dilakukan oleh IIDN tetap mengusung semangat edukasi dan memberdayakan. Temanya tentu yang berkaitan dengan tema-tema perempuan. Digarap dengan arah yang lebih membangun dan tentu akan ada tema-tema yang meski belum populer tapi sangat penting untuk dibahas.

Program yang akan dijalankan oleh IIDN tahun ini tentunya akan berusaha mengakomodasi semua potensi para member dalam dunia kepenulisan. Mulai dari penulis blog, penulis buku, hingga editor.

Program IIDN Tahun 2022

Secara garis besar akan ada sembilan program yang akan dilakukan IIDN di tahun 2022 ini.

Pertama, kelas basic. IIDN masih akan memberikan kesempatan belajar kepada calon penulis dan penulis pemula untuk bisa menulis dengan baik. Kelas basic ini sangat direkomendasikan untuk diikuti, agar bisa ikut dalam project-project IIDN selanjutnya.

Kelas Nulis dari Nol yang diselenggarakan tahun ini diperkaya dengan konsep-konsep menulis berkesadaran. Mengapa? Karena nulis bukan cuma soal logika, tapi emosi, rasa, spiritualitas, dan aspek lainnya. Pondasi ini yang menurut kami amat penting. Karena nulis buka cuma soal bikin outline, lalu ngedraft dan selesai. Ada hal jauh lebih penting. Hmm, pasti teman-teman sudah tidak sabar menantikan kelasnya, ya!

Kedua, sharing dengan penerbit. Buat teman-teman yang ingin menerbitkan buku tentu sangat membutuhkan informasi dalam dunia penerbitan.

Jangan khawatir, tahun ini IIDN akan menghadirkan sesi sharing bersama penerbit. Akan ada penerbit mayor dan indie yang dihadirkan. Tak lupa, akan ada juga sharing dari member IIDN yang sudah punya pengalaman di dunia penerbitan ini. Harapannya, sharing ini bisa membantu para member yang ingin meramaikan dunia perbukuan.

Ketiga, program untuk calon editor. Buat teman-teman yang ingin berkarir sebagai editor, IIDN akan memfasilitasi. Akan ada kelas untuk calon editor. Karena IIDN optimis, ke depan akan butuh banyak editor berkualitas.

Keempat, kelas menulis buku solo. Bagi teman-teman yang tahun ini ingin punya buku solo, manfaatkan kelas ini. Tahun ini, kelas menulis buku solo IIDN akan menggandeng mentor-mentor yang jauh lebih dahsyat. Salah satu yang akan hadir adalah mentornya para mentor, satunya lagi penulis non fiksi best seller. Hmmm… Pasti teman-teman penasaran.

Kelima, event menulis yang dielaborasi dengan konsep coaching, semacam Pulih dan Semeleh. Tentunya akan ada perbedaan untuk tahun ini. Tahun ini akan mengarah pada next step. Dimana mulai mengarah pada kontribusi apa yang bisa diberikan untuk semesta. Sebab, asumsinya kita sudah selesai dengan diri sendiri, melalui event Pulih dan Semeleh.

Keenam, WAG Khusus Blogger. IIDN akan memfasilitasi para blogger untuk beragam dalam sebuah WAG. IIDN menyiapkan 2 WAG khusus untuk belajar dan saling support.

Lanjutan WAG Ngeblog dari Nol yang kemarin sudah cukup sukses melahirkan banyak blogger baru. Bedanya? Tahun ini akan banyak kesempatan belajar tidak berbayar, namun tetap harus DITUKAR dengan upaya, karya dan komitmen (kami sedang siapkan sistemnya). Mengapa harus ada yang dipertukarkan? Supaya proses belajar energinya baik. Ada pertukaran. Para peserta aktif dalam proses tersebut. Tidak sekadar menerima. Harapannya, hasilnya akan jauh lebih bagus lagi.

Ketujuh, kelas blogging. IIDN akan menghadirkan kelas-kelas blogging, sesuai dengan tema yang dibutuhkan.

Kedelapan, event blogger. Doakan saja tahun ini IIDN akan banyak event blogger yang bisa diikuti, ya!

Kesembilan, antologi. Jangan khawatir, tahun ini IIDN tetap akan menggarap project antologi. Tentunya konsep antologinya akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Tema-tema segar akan dihadirkan. Agar kreativitas semakin terasah.

Komunitas, Bergerak Bersama

Jadi, bagaimana? Teman-teman pasti sudah tidak sabar bukan untuk bisa berpartisipasi dalam program-program IIDN?

Partisipasi teman-teman tentu sangat diharapkan. Sebagai, sebuah komunitas, IIDN adalah ruang berbagi bagi kita semua. IIDN ada, karena teman-teman.

IIDN akan eksis, jika teman-teman aktif
Saling memberi dan menerima, seperti itulah konsep komunitas.
Jadi, mari bergerak bersama-sama

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.