Kembangkan Diri Dengan Bahasa Inggris

 

Setiap perempuan, baik yang berkiprah di rumah maupun di luar rumah, senantiasa harus mengembangkan kemampuan diri.  Perempuan zaman korona ini mau tak mau harus bisa jadi sosok yang tangguh dan ‘serba bisa’.

Pandemi ini menunjukkan bahwa perempuan harus cepat beradaptasi. Ada yang mendadak harus jadi tulang punggung keluarga, ada juga yang tiba-tiba harus jadi guru di rumah.

Rasanya jadi semakin jelas kalau perempuan itu harus terdidik dan terampil. Para ibu yang dulu di sekolah mungkin sempat bertanya-tanya untuk apa belajar matematika yang sulit, fisika yang rumit atau belajar bahasa Inggris yang bikin pusing misalnya, terjawab sudah sekarang. Ilmu dan pengalaman saat belajar dulu ternyata digunakan untuk mengajari anak-anaknya di rumah.

Atau para ibu yang sempat mengikuti pelatihan keterampilan, kini bisa menjadikannya sebagai jaring untuk meraih rupiah.

Perempuan yang telah menyelesaikan pendidikan pun hendaknya tetap mengembangkan diri. Kita tak pernah tahu seperti apa hari esok. Yang bisa kita lakukan sekarang adalah berusaha, membuka mata terhadap peluang dan mengantisipasi goncangan akibat perubahan.

Kembangkan diri dengan belajar hal baru, termasuk belajar Bahasa Inggris, misalnya. Banyak peluang usaha bisa terbuka dengan berbekal kemampuan berbahasa Inggris.

kembangkan diri dengan bahasa inggris

Ada bidang usaha freelance yang bisa dilakukan perempuan dan bahkan menghasilkan dollar dari Bahasa Inggris. Misalnya pekerjaan sebagai writer, translator, transcriber ataupun bloger.

Pekerjaan-pekerjaan itu betul-betul memerlukan kemampuan berbahasa Inggris.

Namun ada juga pekerjaan lain yang tidak secara langsung butuh keterampilan berbahasa Inggris, misalnya desainer, animator. Meski begitu, kemampuan dasar berbahasa Inggris dalam bentuk percakapan tetap diperlukan.

Seorang pengrajin seni cukilan kayu di Ponorogo bisa memamerkan karyanya di tingkat internasional dengan bekal komunikasi dasar Bahasa Inggris saja. Bayangkan jika ia bisa lebih fasih, kemungkinan mendapat pasar lebih besar lagi.

Saat ini untuk belajar Bahasa Inggris semakin mudah berkat adanya media daring seperti YouTube. Di YouTube kita bisa mencari materi pelajaran Bahasa Inggris atau menonton video dalam Bahasa Inggris untuk mengasah kemampuan kita.

Ada juga kelas-kelas daring, webinar, kursus daring bahkan grup Whats App yang memberikan kesempatan untuk belajar lebih banyak.

Kiranya tak ada kata terlambat untuk mulai belajar Bahasa Inggris bagi perempuan. Kemudahan akses internet, berlimpahnya materi dan kesempatan belajar seyogianya kita manfaatkan semaksimal mungkin.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *