5 HAL YANG BISA KAMU LAKUKAN UNTUK MEMAKNAI KEMERDEKAAN DI TENGAH PANDEMI, DIJAMIN AGUSTUSMU TETAP MERIAH!

red and white flag under blue sky during daytime

Memaknai kemerdekaan di tengah pandemi memang menuntut kita untuk berperan aktif dan kreatif agar tidak merasa bosan.

Menjelang dan sesudah tanggal 17 Agustus kemarin, saya banyak menjumpai postingan tentang kegalauan beberapa rekan karena tidak dapat memaknai kemerdekaan di tengah pandemi dengan maksimal.

Padahal, memaknai kemerdekaan bukan hanya perihal turut serta dalam upacara bendera atau sekadar ikut lomba yang rutin diadakan oleh rekan-rekan karang taruna.

Supaya kalian tidak bosan saat memaknai kemerdekaan di tengah pandemi, yuk, simak beberapa hal yang dapat kalian lakukan di bawah ini!

1. Mengikuti lomba daring

Nah, karena terbiasa memaknai kemerdekaan dengan turut merayakan hari ulang tahun RI. Kalian bisa menyalurkan kebiasaan itu dengan mengikuti berbagai lomba daring.

Di era modern ini, menemukan lomba perayaan hari kemerdekaan tentu bukanlah hal yang susah. Kalian hanya perlu mencari lomba yang sesuai dengan kemampuan.

Kalian dapat mengikuti lomba menulis, lomba membaca puisi, lomba menyanyikan lagu nasional, dan berbagai lomba lain.

2. Membaca buku

  • photo of library with turned on lights

Tentu kalian sudah tidak asing ‘kan dengan kalimat Bapak Moh. Hatta mengenai buku? Ya, beliau rela dipenjara asal bersama buku. Sebab, buku membuatnya bebas berkelana ke mana saja.

Nah, membaca buku juga dapat menjadi pilihan terbaik, lho. Merdekakan diri dan pikiran kalian dengan memilih serta membaca buku yang kalian mau. Asyik, kan?

3. Mempelajari sejarah kemerdekaan Indonesia

Salah satu pilihan terbaik yang dapat kalian pilih untuk memaknai kemerdekaan di tengah pandemi ialah mempelajari sejarah kemerdekaan Indonesia.

Tentunya dengan semakin menyelami sejarah, kita akan kian bersyukur dan cinta kepada Indonesia akan semakin mengakar kuat pada hidup.

 

O, iya. Kemerdekaan memang bisa diartikan sebagai kebebasan, tetapi untuk memaknainya kita tidak boleh semena-mena lalu melanggar aturan dengan dalih untuk Indonesia.

Semoga kita semua bisa memaknai kemerdekaan dengan bebas tanpa menindas. Berbahagia tanpa harus melanggar aturan yang ada. Apalagi jika sampai merusak lingkungan sekitar.

Bagaimana, nih aksi memaknai kemerdekaan di tengah pandemi versi kalian? Yuk, bagikan ceritanya di kolom komentar!

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *