10 Pengetahuan Dasar Kartu Kredit, Penting Banget Ibu Tau !

IIDN – Bu, pernah merasakan mudah dan nikmatnya transaksi dengan kartu kredit ? Nyenengin ya Bu, bisa transaksi dengan mudah di mana-mana apalagi kalau liat judul : KREDIT NOL PERSEN, seringkali kalap ya. Tapi, kalau ga bijak kemudahan ini bisa jadi monster lho. Cari tau yuk 10 pengetahuan dasar kartu kredit yang perlu Ibu tau.

tentang kredit card
Kartu Kredit ( Sumber : Pexels.com )
  1. Biaya Tahunan
    Ibu harus jeli, memiliki kartu kredit memiliki biaya tersendiri loh. Biayanya biasanya tertagih sekali dalam satu tahun. Jika memutuskan akan mulai menggunakan kartu kredit, coba cari info mengenai biaya tahunan yang ringan, atau mungkin gratis. Karena beberapa bank ada yang membebaskan biaya ini.
  2. Persentase Rate Tahunan ( APR )
    Kalau ini berkaitan dengan bunga tahunan yang dikenakan pada saldo kredit yang berlaku. Saldo kreditnya berapa nih Bu ?
  3. Saldo
    Kredit dan saldo mengacu pada jumlah uang yang terutang nih, Bu. Kalau pada tabungan pribadi, saldo mengacu pada jumlah uang di tabungan atau rekening giro.
  4. Biro Kredit
    Biro kredit bukan tempat kredit loh ya, Bu. Tapi merupakan agen pelaporan yang mengumpulkan informasi tentang penggunaan kartu kredit konsumen.
  5. Line Kredit
    Jumlah uang maksimmum yang bisa dimiliki pada rekening kartu kredit tertentu.
  6. Rating Kredit
    Evaluasi lembaga keuangan untuk kemampuan per individu dalam mengelola utang. Jika ingin mendapatkan kredit, Ibu harus punya rating yang baik dan mempertahankan ratingnya. Sejauh ini, pasti paham kan ya Bu.
  7. Grace Period
    Periode waktu setelah batas waktu pembayaran. Dalam periode ini, peminjam ( pemegang kartu kredit ) bisa membayar uang yang dipinjam tanpa bunga atau denda.
  8. Rate Pengantar
    Suku bunga yang ditawarkan oleh penerbit kartu kredit pada tahap awal pinjaman. Tarif ini tuh seringnya diatur jauh lebih rendah dari tarif normal untuk menarik konsumen. Tipsnya, agar tak terjebak bunga tinggi di kemudian hari, pastikan untuk menanyakan rate bunga standar setelah masa promo kartu baru berlaku ya, Bu.
  9. Pembayaran Minimum
    Jumlah minimum pembayaran yang diminta oleh bank agar laporan performa pembayaran Ibu tetap baik.
  10. Overdraft Protection
    Layanan perbankan untuk menghubungkan rekening Ibu ke kartu kredit Ibu, untuk melindungi dari hukuman overdraft atau cek kosong dalam kasus denda yang tidak cukup.

Baca juga : Tips Menonton di Bioskop Bersama Anak 

Memiliki kartu kredit layaknya dua sisi mata pisau, bisa menjadi kemudahan dan memberi manfaat jika dipergunakan dengan bijak. Namun bisa menjadi malapetaka jika tak bijak menggunakannya. Dengan membekali diri dengan pengetahuan dasar tentang kartu kredit, kami harap Ibu akan lebih aware terhadap biaya yang menjadi kewajiban sebagai pemegang kartu kredit dan tentu saja bijak dalam menggunakannya.

Ibu mau menambahkan poin lain dalam poin dasar kartu kredit ? Feel free ya Bu untuk kebaikan kita bersama.

Sumber referensi tulisan :

  • Ibu Berbagi Bijak 
  • www.practicalmoneyskills.com

Logo IIDN

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *