Makna Kemerdekaan Bagi Anak-anak

Makna Kemerdekaan Bagi Anak-anak itu bisa banyak arti bagaimana mereka memahaminya. Mereka tahu kalau setiap tanggal 17 Agustus diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Di tahun ini mereka mengalami suasana kemerdekaan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Waktu saya tanya Alvin si bungsu, apa sih makna kemerdekaan baginya? Dia menjawab bebas, katanya mau bebas dari korona supaya bisa sekolah dan bertemu lagi dengan teman-temannya. Alvin juga bilang biasanya kalau 17 Agustus di sekolah ramai ada banyak perlombaan yang bisa dia ikuti.
Ternyata ada rasa kangen dan sedih ya anak-anak selalu di rumah. Sebagai orangtua, saya memberi support dan memintanya sama-sama berdoa supaya keadaan bisa kembali normal kembali.
Meskipun di rumah ada banyak aktivitas dan cara memaknai kemerdekaan bagi anak-anak yang dapat ditanamkan sejak dini, diantaranya adalah :

Memasang Bendera

Sebagai bangsa Indonesia kita mempunyai kewajiban mengibarkan bendera merah putih menjelang Hari Kemerdekaan. Nah, sejak dini anak-anak juga harus diberikan pengertian walaupun pastinya di sekolah pun mereka sudah pernah diberitahukan.
Kita tidak ikut berjuang dalam peperangan, oleh karena itu untuk menghormati para pahlawan kita diwajibkan memasang bendera. Jangan karena adanya kewajiban tapi juga kesadaran masing-masing. Malah si sulung yang selalu mengingatkan satu minggu sebelum tanggal 17 Agustus meminta saya mencarikan bendera untuk dipasang.

Mengikuti Detik-detik Kemerdekaan

Sejak anak-anak bersekolah saya selalu menghadiri upacara HUT RI di sekolah mereka. Paling menarik ketika sulung saya sudah sekolah di SMP, karena pengibaran Sang Saka Merah Putihnya lengkap dengan pasukan paskibraka dan marching band. Sayangnya tahun ini saya tidak bisa menyaksikannya.
Alhamdulillah Pascal juga sudah sadar dan dia mencari informasi kalau kita tetap bisa melihat pengibaran bendera dan penurunan bendera secara live melalui youtube. Dia juga yang menginformasikan pada kami untuk berdiri sejenak di tanggal 17 Agustus pada pukul 10.17 yaitu saatnya mengikuti detik-detik kemerdekaan.
Sudah satu minggu ini anak-anak juga sering sekali memutar video lagu Hari Merdeka di Youtube. Jadi ingat kalau Pascal juga pernah menjadi paduan suara di sekolahnya untuk menyanyikan Lagu Hari Merdeka. Malah beberapa kali dia ikutan menonton konser kemerdekaan live yang diadakan di Youtube, biasanya sih nanti dipraktikkan lagu-lagunya lewat permainan keyboard.
Lewat talkshow yang mereka dengarkan juga bisa mendapatkan informasi-informasi sejarah kemerdekaan. Jadi ingat juga dari materi yang dibahas kalau masyarakat Indonesia masih banyak yang salah menyebutkan judul lagu-lagu kemerdekaan, contonya Lagu 17 Agustus padahal judul aslinya Hari Merdeka, atau Mars Pancasila yang sering disebut dengan lagu Garuda Pancasila. Dengan menyebutkan judul lagu asli tandanya kita menghargai para penciptanya.

Lomba 17 Agustus Daring di Sekolah

Agar makna kemerdekaan tetap melekat pada anak-anak pihak sekolah juga mengadakan seremonial kemerdekaan melalui aplikasi zoom dengan menyanyikan lagu-lagu bertema kemerdekaan.
Selain itu pihak sekolah juga tidak menghilangkan kegiatan aneka lomba untuk murid-muridnya hanya saja kali ini diadakan lomba 17 Agustus secara daring  karena mereka masih melakukan proses Belajar Dari Rumah (BDR). Setiap tingkat kelas diberikan bentuk lomba yang berbeda. Untuk anak kelas 5 lomba yang diadakan adalah membuat flyer yang berhubungan dengan Kemerdekaan RI.
Karya Alvin yang ikut dilombakan di sekolah yang mendapatkan juara ke-3 untuk putera. Dari kegiatan yang bisa dianggap kecil tapi anak-anak bisa memaknai dan bersikap menghargai kemerdekaan Indonesia.
Sementara itu makna kemerdekaan bagi saya sendiri adalah bisa bebas menjalankan aktivitas di luar tugas utama sebagai ibu dan istri seiring sejalan dengan kewajiban rumah tangga.
Lidya Fitrian
Latest posts by Lidya Fitrian (see all)
Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *