KITA ASYIK, YANG LAIN TAK TERUSIK (Etika Menonton di Bioskop Dengan Si Kecil)

Bu, siapa bilang nonton bioskop cuma buat orang dewasa? Si kecil juga boleh datang dan dibawa nonton di sana. Meskipun untuk membawa si kecil, ada aturan tertentu yang harus ditaati, khususnya film yang akan ditonton. Pilih film yang tepat untuk keluarga, yang sesuai dengan usia     si kecil dan materi film benar-benar sesuai dengan kondisi  dia. Bisa juga Ibu  melihat cuplikan sesaat (trailer movie) sebelum memutuskan untuk menonton film tersebut.

Ada baiknya Ibu mempersiapkan si kecil sebelum diajak nonton film. Nah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan  jika ingin membawa si kecil ke gedung bioskop :

cinema

  1. Datang tepat waktu

Datang tepat waktu adalah suatu kebiasaan yang diangggap sebagai azas kesopanan yang baik bagi banyak orang di sekitar kita. Begitu juga nonton film di bioskop. Waktu sekitar 15 menit sebelum film diputar, memberi kesempatan bagi Ibu menemukan tempat duduk buat Ibu dan si kecil di bioskop, tanpa melewatkan tayangan film. Lagi pula dengan datang lebih awal, Ibu tidak akan mengganggu penonton lain saat berjalan masuk ke teatar setelah lampu mati.

  1. Harap tenang

Sebaiknya sebelumnya Ibu mencoba memperkenalkan kepada si kecil  aturan-aturan dasar menonton di bioskop, seperti: harus tenang, duduk manis di kursi, dan tidak berdiri, tidak mengganggu penonton lainnya. Nah, kadangkala si kecil ingin ngobrol atau keluar ceriwisnya. Sebaiknya ajarkan untuk tidak ngobrol dan tidak banyak bicara agar tidak menganggu penonton lain. Sampaikan dengan bahasa yang menyenangkan dan tidak malah bikin si kecil marah dan rewel karena merasa terkekang, ya Bu.

  1. Berani di tempat gelap

Tiba-tiba listrik di rumah padam, apakah  si kecil berteriak ketakutan, kaget atau malah menangis keras2 mencari, Ibu? Kalau jawabnya “ya”, nontonnnya ditunda dulu, Bu. Ruangan bioskop kan gelap, yang terang hanya dari cahaya layar bioskop. Jadi, suasana dalam bioskop pasti gelap gulita. Artinya, si kecil belum siap dalam suasana gelap. Padahal kegalapan itu bakal berlangsung selama dua jam.

  1. Tidak rewel ketika bising

Suara di dalam bioskop lazimnya keras dan lantang. Jauh lebih keras dari dari speaker suara TV di rumah. Ada kemungkinan si kecil tidak tahan dan akan kaget. Sebaiknya, Ibu  jangan memaksakan. Tapi  jika  tetap ingin membawa si kecil, kenakan penutup telinga untuk menahan bunyi yang terlalu kencang.

  1. Jam tayang pas

Nah, ketika memilih jam nonton jangan hanya melihat waktu luangnya saja. Kalau mau membawa si kecil menonton, sebaiknya waktunya tidak bertepatan dengan jam tidur si kecil. Sayang kan, sudah susah payah Ibu membawa si kecil da membayar tiket, eh malahan si kecil tidur. Jika Ibu tidak sadar kesalahan ini, bisa-bisa si kecil yang diomelin.  Nah, saat memilih waktu menonton, hindari saat jam tidur siang si kecil atau jam tayang yang terlalu malam. Biasanya jika jam tidur si kecil terganggu akan rewel yang berkepanjangan. Ok kan Bu?

  1. Ajak ke toilet dulu

Memang sih bioskop zaman now pasti dilengkapi dengan fasilitas toilet yang nyaman. Tapi enggak seru blas, kalau lagi asyik-asyiknya nonton si kecil minta dianter pipis. Agar tidak terjadi hal demikian, pastikan sebelum masuk ke ruangan bioskop, Ibu bisa ajak si kecil ke toilet untuk melaksankan hajatnya. Beri tahu juga si kecil kalau lagi nonton nanti jangan  terlalu banyak minum, biar enggak bolak balik ke toilet.

  1. Sedia camilan

Siapkan makanan ringan atau camilan untuk si kecil. Bawakan kesukaan si kecil, bukan kesukaannya ya. Bayangkan, si kecil harus duduk manis hampir 2 jam. Tanpa bisa berlarian kian ke mari. Tentu bisa membosankan bagi anak kecil. Jangan lupa, tidak ada orang berjualan lho kalau film sudah main. Makanya, Ibu  siapkan makanan ringan yang cukup dan menjadi kesukaan si kecil lho. Selain berhemat, Bunda bisa mengurangi kerewelan si kecil.

  1. Jaket/baju hangat

Sudah bukan rahasia lagi, nonton bioskop mencari suasana yang nyaman dengan kursi yang empuk. Jelas, ruangan bioskop dilengkapi AC yang suhu ruangannya lebih dingin daripada di luar. Untuk menjaga agar  si kecil tidak kedinginan dan tetap dalam suhu yang nyaman, kenakan jaket atau baju hangat ya, Bu.  Kan tak asyik jika Ibu harus terus memeluk si kecil selama film berlangsung, hanya karena lupa membawakan baju hangat atau jaket. Jangan sampai pulang nonton si kecil malah masuk angin….hups.

  1. Jangan bermain hp

Ajarkan kepada si kecil untuk selalu mematikan handphone selama film diputar. Beri pengertian kepada si kecil, bahwa suara ring tone ataupun cahaya yang dipancarkan layar handphone dapat mengganggu penonton lainnya. Penonton lain pun bisa kehilangan fokus saat menonton film, akibat suara dan cahaya tadi. Iya kalau penonton lain tidak marah. Kalau marah, kan sedih jadinya, Bu.

  1. Buang sampah pada tempatnya

Ini salah satu pelajaran yang harus tetap ditanamkan kepada si kecil di mana pun dan kapan pun: membuang sampah pada tempatnya, termasuk ketika nonton film di bioskop. Jika perlu, Ibu bawa kresek kecil khusus untuk buang sampah si kecil. Selain menanamkan disiplin kepada si kecil, juga mengajarkan kepada si kecil untuk menghargai petugas kebersihan ruang bioskop.

Nah itu dia tips mengajak menonton bioskop bersama si kecil, punya tips tambahan ? Boleh banget loh sharing juga  di kolom komentar.

Lilis Handayani
IIDN 

 

Bagikan:

4 Comments

  1. Novi Herdiani

    Terima kasih informasinya ya mbak Lilis. Ini sangat bermanfaat, apalagi saya masih punya anak yang masih kecil-kecil. ^_^

    1. Lilis Handayani
      Author

      Alhamdulillah, kalo bisa membantu. Insya Allah mendatang saya akan mencoba untuk berbagi tips yang lain. Salam ya , untuk keluarga dan si kecil


  2. Terimakasih mbak wid, bermanfaat sekali untuk kami sekeluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *