Talkshow di Radio Smart FM Makassar

Setelah kopdar IIDN Makassar, kami mendapat undangan untuk berbincang di segmen komunitas di radio Smart FM Makassar (101,1 FM) pada hari Rabu 15 Juni 2022. Sperti biasa, perbincangan seputar keingintahuan Kak Mirza – host mengenai komunitas yang beranggotakan 22 ribuan perempuan di seluruh Indonesia hingga mancanegara ini.

Dari IIDN Makassar, diwakili oleh saya (Mugniar) dan Yanti. Sebagai orang yang sudah bergabung dengan IIDN selama 11 tahun, alhamdulillah saya bisa bercerita banyak tentang IIDN dan IIDN Makassar.

Saya menyampaikan mengenai program-program yang diselenggarakan IIDN, update tentang IIDN sekarang, hingga pada kegiatan menulis saya dan Yanti. Kak MIrza antusia menggali kami berdua, bukan hanya seputar IIDN, melainkan juga mengenai aktivitas menulis yang kami lakukan, termasuk tantangan ngeblog IIDN Makassar, beserta beberapa tips.

Seperti tips bagaimana mengatasi mood yang saya jawab begini: orang yang ingin jadi penulis tidak boleh dikendalikan oleh mood. Kalau tidak percaya, coba cek deh para penulis terkenal, apakah mereka bekerja berdasarkan mood?

Lalu Kak Mirza bertanya, bagaimana cara saya mengatasi mood, saya mengatakan bahwa saya mengeset di mindset bahwa sayalah pengendali mood, sayalah yang punya kuasa atas mood, bukan si mood yang mengendalikan saya.

Hal yang paling menggelitik Kak Mirza adalah bagaimana mendatangkan cuan dari blog. Hm, memang aktivitas ngeblog bisa mendatangkan keuntungan atau rupiah namun tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Saya mengatakan bahwa menulis itu pekerjaan hati yang harus dilakukan dengan senang hati dan cinta, lalu konsistensi dan proses adalah dua hal lain yang tidak boleh diabaikan. KONSISTENSI dan PROSES adalah dua hal mutlak jika ingin blog bisa mendatangkan keuntungan bagi kita dan tentunya butuh waktu.

Jangan sampai 1, 2, 3, hingga 6 bulan ngeblog lalu uang belum datang, kemudian protes, “Mana duitnya?” Tentu tak semudah itu, Marimar! Makanya saya bukan orang yang senang mengumbar mengenai hubungan antara uang dan blog. Saya menekankan kunci penting itu tadi saja: KONSISTENSI DAN PROSES, kedua ini jika dijalani dengan senang hati maka cuan akan datang menghampiri.

Oya, yang mau nonton sepenggal obrolan kami, bisa ke link berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=ccT7wvKrODo

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.