Tantangan Ngeblog 10 Pekan IIDN Makassar

IIDNers Makassar, penting sekali menjaga konsistensi karena manfaatnya banyak yang akhirnya membuat kita memiliki kemampuan menulis yang makin terlatih. Berbagai peluang lebih mudah terbuka menyusul konsistensi.

Nah, untuk memicu konsistensi, IIDN Makassar mengajak para anggotanya untuk ikut tantangan kecil-kecilan ngeblog selama 3 bulan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Peserta merupakan anggota IIDN Makassar dan berdomisili di Indonesia timur. Bergabung di dalam grup Facebook IIDN Makassar atau di grup FB Ibu-Ibu Doyan Nulis, atau di grup Whatsapp Info Event IIDN.
  2. Berkomitmen menulis sebanyak 1 tulisan di blog setiap pekan selama 10 pekan berturut-turut (sampai dengan 24 Agustus 2022).
  3. Blog yang diikutkan bebas, baik itu yang masih gratisan, berbayar, ataupun UGC seperti di Kompasiana, Retizen, dll. Blog baru bisa diikutkan, jadi yang belum punya blog yuk segera bikin.
  4. Setiap tulisan berisi minimal 400 kata dan dilengkapi dengan gambar yang relevan, minimal 1.
  5. Mengisi form Peserta Tantangan 10 Bulan Ngeblog IIDN Makassar, pada link: https://bit.ly/TantanganIIDNMks.
  6. Jika terlambat mengikuti atau tidak sempat posting dalam satu pekan tertentu, bisa dirapel di pekan lain.
  7. Ada 3 kali kesempatan menulis tema bebas. Selain tema bebas pada pekan ke-8, bisa memilih menggantikan 2 tema lain yang dirasa sulit dikerjakan dengan tema bebas.
  8. Ingat untuk membagikan link tulisan ke media sosial supaya banyak yang baca. Gunakan tagar #IIDNMakassar #TantanganNgeblog.
  9. Ada hadiah kecil-kecilan bagi 3 peserta terbaik, in syaa Allah akan diumumkan tanggal 15 September.
  10. Keputusan juri tidak dapat diganggu-gugat.

Topik tulisan:

  1. Pekan 1 (15 – 21 Juni): hikmah tentang kematian putra Bapak Ridwan Kamil, bisa dihubungkan dengan pengalaman pribadi tentang kepergian orang-orang terdekat.
  2. Pekan 2 (22 – 28 Juni): menyambut Hari Keluarga Nasional (29 Juni), tulis tentang nilai-nilai keluarga yang berkesan yang bisa dibagikan dalam tulisan, misalnya bagaimana orang tua mengajarkan tentang tolong-menolong yang masih dilanjutkan sampai sekarang.
  3. Pekan 3 (29 Juni – 5 Juli): pengalaman menggunakan dompet digital atau kemudahan melakukan aktivitas keuangan secara digital. Misalnya pengalaman menggunakan ojek online atau belanja online.
  4. Pekan 4 (6 – 12 Juli): pengalaman menyenangkan terkait aktivitas menulis. Misalnya bisa bertemu penulis favorit atau mendapat hadiah, atau buku yang ditulis.
  5. Pekan 5 (13 – 19 Juli): tanggal 17 Juli diperingati Hari Keadilan Internasional, tuliskan bagaimana pengalaman atau pengamatan Anda mengenai penegakan keadilan di sekitar kita, atau mengenai kasus-kasus yang menarik perhatian.
  6. Pekan 6 (20 – 26 Juli): tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional, ungkapkan rasa sayang dan harapan kepada anak atau tuliskan hal-hal berkesan tentang pengasuhan anak dari orang yang Anda anggap berhasil mendidik anaknya hingga sukses.
  7. Pekan 7 (27 Juli – 2 Agustus): 1 Agustus diperingati sebagai Hari ASI Sedunia. Tuliskan pengalaman memberikan ASI kepada anak atau pengalaman menyapih. Yang belum punya anak bisa menuliskan terkait topik ini ditinjau dari sisi lain, misalnya artikel menarik terkait ASI yang ditemukan di internet atau menulis seputar gizi yang bagus untuk ibu/anak.
  8. Pekan 8 (3 – 9 Agustus): topik bebas, terserah menulis apa.
  9. Pekan 9 (10 – 16 Agustus): 10 Agustus diperingati sebagai Hari Konservasi Alam Nasional, tuliskan mengenai pelestarian alam. Selain itu tanggal 12 Agustus diperingati sebagai Hari Remaja Internasional, tema mengenai remaja Indonesia bisa juga jadi pilihan.
  10. Pekan 10 (17 – 23 Agustus): tuliskan seputar Hari Kemerdekaan, bisa tentang harapan Indonesia di masa depan, pahlawan Indonesia yang dikagumi, dll.

Bagi yang berminat, silakan menghubungi KP Korwil IIDN Makassar: Mugniar via japri, ya. Bisa melalui akun IG @mugniar.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.