Kamu berminat jadi influencer? Cek beberapa aplikasi ini, yuk!

person holding ballpoint pen writing on notebook

Pada hari Selasa, 9 Maret 2021 lalu, IIDN berkolaborasi dengan Mbak Yasinta Astuti, seorang blogger dan content creator untuk berbagi ilmu mengenai instagram untuk para blogger.

https://www.instagram.com/p/CMEvP3Qly8x/

Saat menonton IG Livenya, Mbak Yasinta memberi banyak sekali tips yang sangat bermanfaat, tidak hanya untuk para blogger pemula, tapi bisa juga digunakan untuk teman-teman yang berminat menjadi influencer di media sosial apa pun. Nah di sini aku mau share tentang aplikasi-aplikasi dan situs-situs yang disebut oleh Mbak Yasinta tersebut, kira-kira ada apa aja ya?

  1. Canva

Siapa sih yang ngga kenal Canva? Aplikasi yang membantu banget dalam hal desain, untuk para pemula. Karena di Canva, para penggunanya bisa memilih apakah ingin membuat desain sendiri atau mau menggunakan template yang sudah ada. Sebelum mulai pun kita bisa memilih mau desain untuk apa (misal : IG feed, IG story, ppt, dll). Memudahkan banget kan untuk para pemula yang belum tau perbedaan ukuran untuk setiap postingan yang berbeda?

Selain bisa digunakan oleh para influencer, canva pun bisa digunakan untuk para pekerja kantoran loh! Karena di canva pun kita bisa desain power point yang bisa membuat presentasi kita menjadi lebih menarik. Bahkan, di canva pun kita bisa membuat cv yang pasti berguna banget untuk para pencari kerja.

  1. Freepik

Situs ini bermanfaat banget untuk para influencer yang belum punya banyak stok foto untuk diupload. Karena foto-foto yang ada di situs ini bisa digunakan tanpa melanggar copyright loh! Tinggal cari aja foto yang sesuai dengan tulisan kita, selesai deh. Jangan khawatir kalau ngga nemu foto yang pas, karena masih banyak juga situs-situs lain yang menyediakan foto-foto tanpa copyright seperti : pexels, unsplash, dan pixabay.

  1. Trello

Nah kalau ini merupakan salah satu aplikasi yang membantu banget untuk tabungan konten. Salah satu tantangan untuk para influencer, yang sering disebut-sebut juga oleh Mbak Yasinta kemarin ketika live, adalah konsistensi. Nah dengan adanya trello ini membantu banget supaya kita bisa lebih konsisten! Karena di trello ada tab-tab yang bisa digunakan kita untuk menyimpan ide-ide konten dan memilah-milah konten mana yang sedang diolah, siap diupload, dan done diupload. Wah menarik banget kan?

  1. Aplikasi hashtag generator

Ketika ada pertanyaan mengenai cara penggunaan hashtag dalam instagram agar bisa mendapatkan banyak like, Mbak Yasinta menjawab bahwa beliau pernah menggunakan aplikasi yang bisa mendeteksi hashtag-hashtag yang bisa membantu banget supaya postingan kita bisa mendapatkan hashtag yang tepat. Waktu itu memang Mbak Yasinta tidak menyebutkan aplikasi apa yang digunakannya, tetapi aku langsung searching dan menemukan ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan yaitu : focalmark, leetagsdan autohash.

Selain aplikasi-aplikasi di atas yang membantu untuk menaikkan traffic sosial media kita, Mbak Yasinta pun menyebutkan cara-cara lainnya yaitu:

  1. Collab dengan sesama influencer

Bisa diawali dengan mengikuti komunitas-komunitas yang satu frekuensi atau bisa juga yang satu circle. Biasanya di komunitas-komunitas tersebut suka saling sharing konten dan bisa meningkatkan traffic masing-masing. Sekarang banyak banget kok komunitas yang bisa kita ikuti sesuai dengan topik yang kita inginkan.

  1. Melalui ads

Dengan mempromosikan postingan melalui ads, memang tidak langsung terasa peningkatannya, tetapi setidaknya impresi akan naik. Dengan begitu setidaknya akan ada orang yang aware dengan akun dan postingan kita dan otomatis akan meningkatkan impresi.

  1. Ikut udunan GA (Giveaway)

Dengan cara ini, maka akun kita dan beberapa akun lainnya akan bekerjasama dalam menyelenggarakan giveaway. Biasanya jika ingin mengikuti giveaway maka syaratnya adalah harus follow beberapa akun, sehingga cara ini merupakan salah satu jalan untuk meningkatkan followers.

Wah ternyata banyak banget ya ilmu yang didapatkan hanya dengan nonton IG Live? Nah makanya jangan lewatkan konten-konten IG Live selanjutnya dari IIDN karena siapa tau topik yang dibahas adalah topik yang lagi dibutuhkan banget sama kamu!

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *