Tetap Sehat di Masa Pandemi

Halo…bagaimana kabarnya teman-teman semuanya?

Semoga tetap sehat di masa pandemi, ya.

 

By the way, entah sampai kapan pandemi ini berlangsung ya, sobat. Rasanya pasti campur aduk, ya. Sebenarnya, pandemi covid-19 ini membawa dampak negatif dan juga positif. Mungkin, kita perlu lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan kesehatan. Isu kerusakan lingkungan hidup memang sedang hangat diperbincangkan di kancah nasional sampai internasional. Kita harus mengambil peran dalam memutus rantai penyebaran covid-19 dimulai dari diri kita sendiri.

Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk menjaga diri tetap sehat di masa pandemi ya, sobat? Nah, sobat sekalian dapat menerapkan tips-tips berikut ini:

  • Bangun Pagi dengan Pikiran Positif

Ada semboyan yang berbunyi “You are what you think”. Artinya, jika kita ingin sehat, maka kita harus berpikir bahwa hari ini akan sehat. Sebisa mungkin jauhi hal-hal yang membuat pikiran menjadi negatif.

  • Minum Air Putih yang Cukup

Setelah beribadah di waktu pagi, luangkan waktu untuk duduk sejenak minum air putih hangat. Kadar air minum yang cukup untuk menyehatkan tubuh adalah sekitar 8 gelas per hari. Kita dapat membagi dalam beberapa tahapan saat minum air putih. Misalnya, setelah bangun tidur 3 gelas, setelah sarapan sampai menjelang siang 3 gelas, kemudian sore menjelang malam 2 gelas. Jika dibagi dalam beberapa tahapan, tentunya akan lebih ringan menjalaninya ya, sobat.

  • Olahraga Ringan

Pada waktu pagi, sempatkan untuk berolahraga. Sebaiknya diawali dengan pemanasan, kemudian dapat berolahraga ringan dengan berlari santai di sekitar rumah. Dengan begini, akan keluar keringat, badan pun terasa segar bugar.

  • Berjemur Secukupnya

Sinar matahari sangat penting bagi tubuh kita, karena mengandung vitamin D. Ada baiknya melakukan aktivitas fisik di luar rumah sembari berjemur. Misalnya, mencabut rumput, menanam bunga, menyiram bunga. Jadi, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Badan sehat, lingkungan pun terawat.

  • Mengonsumsi Makanan Sehat

Bagaimana sih kriteria makanan yang sehat itu, sobat? Yang pasti, makanan sehat itu tidak harus mahal, ya, sobat. Makanan itu dikatakan sehat, jika terpenuhi semua zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Zat-zat yang diperlukan tubuh diantaranya adalah karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Makanan yang mengandung karbohidrat contohnya adalah nasi, ketela, sagu, roti, dan lain-lain. Biasanya makanan ini disebut “makanan berat”, karena memang membuat perut terasa kenyang. Karbohidrat berperan sebagai sumber tenaga.

Makanan yang mengandung protein contohnya adalah ikan, telur, daging, kerang, dan lain-lain. Biasanya makanan ini tergolong lauk pauk. Protein berfungsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Makanan yang mengandung vitamin adalah sayur–sayuran dan buah-buahan.Vitamin berfungsi sebagai zat pengatur. Misalnya, wortel mengandung vitamin A untuk kesehatan mata, jeruk mengandung vitamin C untuk mencegah sariawan.

Makanan yang mengandung mineral adalah air. Air berfungsi sebagai zat pelarut. Tanpa air, zat dalam makanan tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh kita.

  • Mengonsumsi Minuman dari Rempah-Rempah

Menjaga imunitas tubuh itu penting di masa pendemi. Imun dapat mencegah masuknya virus ke dalam tubuh kita. Lalu bagaimana caranya, ya? Kita dapat mengonsumsi minuman herbal dari kunyit, jahe, dan temulawak. Ada baiknya jika kita membuat sendiri atau membeli minuman herbal yang alami. Rempah-rempah atau empon-empon mengandung zat “curcumin” yang berfungsi menjaga imunitas tubuh.

  • Disiplin Menerapkan Protokol Kesehatan

Sobat pasti sudah sering mendengar maupun membaca poster berisikan pesan pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan. Diantaranya yaitu rajin mencuci tangan, memakai masker dan hand sanitizer, menghindari kerumunan, dan lain-lain.

 

Demikian, semoga bermanfaat, sobat. Salam sehat.

 

 

 

 

 

Nilla Mardiasari
Latest posts by Nilla Mardiasari (see all)
Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *