Persahabatan Lintas Benua

PERSAHABATAN LINTAS BENUA

Nova ulya

 

Persahabatan bagai kepompong

Hal yang tak mudah berubah jadi indah

Maklumi teman hadapi perbedaan

Sepenggal lirik lagu tentang arti persahabatan yang sempat hits beberapa tahun silam. Lagu yang benar adanya, dan mewakili hati seorang sahabat. Persahabatan membuat hal yang tak mudah berubah menjadi indah, dan itu yang aku rasakan. Memiliki sahabat senasib seperantauan dengan berbagai perbedaan yang ada tapi berjalan begitu indah. Hingga aku pun merasakan indahnya persahabatan.

Hijrah, kala aku dan keluarga ku berpindah, jauh dari keluarga, terpisah jarak dan waktu, itu semua tak mudah. Menjalani hidup di belahan bumi yang berbeda dengan segala hal yang menyertainya. Pindah ke salah satu kota kecil bagian Inggris Raya, Nottingham. Apa aku bisa hidup sendiri tanpa sanak keluarga? Tak ada teman, keluarga, ataupun sahabat. Berjuang dengan keluarga kecil ku sendiri, tanpa ada yang menemani.

Rasa kegundahan itu pun sirna sudah, saat bertemu dengan teman-teman senasib seperjuangan. Mereka pun berjuang, meniti tangga dari bawah. Sama seperti ku. Jauh dari keluarga, teman dan saudara. Namun itulah yang menjadikan kita kuat, hingga bersahabat. Bersahabat di tengah perjuangan, sungguh perjalanan yang indah dan tak akan pernah terlupakan.

Nottingham, kota yang menyatukan kita. Aku dan teman-teman sesama warga Indonesia yang tinggal di Nottingham dan kota sekitarnya, memiliki agenda khusus setiap bulannya. Kita mengadakan perkumpulan lebih tepatnya pengajian. Di moment pengajian inilah kita tidak sekedar berkumpul dan mendengarkan ceramah, tapi lebih dari itu. Kita berkumpul, makan bersama dari hasil kreasi dapur kita, canda tawa, berbagi cerita tapi tak sedikit yang curhat karena lama tak bersua, hingga tak lupa foto bersama. Moment indah yang selalu kita rindukan setiap bulannya.

Pengajian Derbyshire, Leicestershire, Nottinghamshire ( PeDLN ). Itulah nama pengajian yang kita adakan setiap bulannya. Tak hanya warga Indonesia saja, beberapa teman dari luar negara pun terkadang ikut serta di dalamnya. Dari PeDLN lah aku belajar indahnya persahabatan. Tak ada sekat yang tersemat, semua berkumpul menyatu, berbagi kisah yang tak jarang membuat suasana menjadi semakin hangat. Enggan rasanya beranjak kala sudah berkumpul dengan sahabat.

Ya, moment yang sangat ditunggu terutama bagi teman-teman student untuk istirahat sejenak dari aktivitas kuliah yang cukup padat. Kita sebagai perantau yang jauh dari negara tercinta kadang rindu akan makanan khas Indonesia. Tak pernah kita jumpai abang-abang tahu bulat teriak-teriak lewat depan rumah menjajakan tahu bulatnya yang masih hangat, atau abang-abang bakso dengan alunan bunyi mangkok dan sendoknya. Terkadang hal-hal kecil bisa menjadi istimewa di kala kita tak menjumpainya.

Semua kerinduan akan makanan khas Indonesia terobati kala kita bertemu di PeDLN, segala macam makanan Indonesia tersaji disana. Semua dari siapa? Para sahabat. Ya, semua hasil kreasi dapur dari sahabat-sahabat kita yang dibuat dengan rasa cinta. Cinta akan sahabat, cinta akan kebersamaan yang tak pernah bisa tergantikan oleh apapun.

Hidup jauh dari keluarga dan saudara membuka mata ku akan betapa berharga nya teman dan sahabat. Dengan sahabat kita bisa bercerita banyak, dari hal remeh temeh sampai yang berbobot. Paling tidak beban terasa ringan saat ada tempat bersandar. Mereka mengerti kita bukan karena kita siapa atau dari mana, tapi karena kita ada untuk bersama. Mereka ikhlas hadir di tengah-tengah kita. Menggandeng kita, membersamai kita, suka dan duka, itulah sahabat.

Terima kasih atas kebersamaannya selama di perantauan sahabat-sahabat ku. Terima kasih atas setiap kebaikan yang selalu mengalir tanpa henti untuk ku dan keluarga kecil ku. Terima kasih telah mengajarkan ku tentang arti keikhlasan. Semoga kalian semua selalu dalam kebaikan.

Profil penulis:

Nova Ulya, seorang full time mom dari dua buah hati yang ingin terus belajar, membuka cakrawala lewat menulis dan membaca. Menulis menjadi wadah bereksplorasi dan sharing pengalaman. Ingin berbagi kebaikan lewat tulisan.

Fb : nova ulya

Ig : @novaulya17

Email : novaulya17@gmail.com

Nova Ulya
Latest posts by Nova Ulya (see all)
Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *