6 Kegiatan Berolahraga di Rumah selama Pandemik

Hallo ibu-ibu dan calon ibu!

Siapa bilang, himbauan social distancing dari pemerintah untuk tetap di rumah dalam rangka mengurangi penyebaran Covid-19 menjadikan kita malas berolahraga? Padahal sebaliknya, dengan berolahraga tanpa alat sekalipun, kegiatan ini dapat meningkatkan imunitas tubuh kita, serta dapat membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar, loh. Bahkan dapat menghemat pengeluaran. Apalagi dalam masa pandemik seperti ini, tentu kita harus berpikir berulang-ulang kali untuk keluar rumah sekedar berangkat ke Gym, kaaan?

Berolahraga minimal 150 menit dalam seminggu untuk orang dewasa, sangat direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Dan jumlah tersebut dapat dibagi menjadi beberapa sesi dalam seminggu. Jika dipukul rata, kita bisa melakukan kegiatan ini selama 30 menit setiap harinya.

 

 

 

Ada 6 kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di rumah, yang akan saya sampaikan saat ini. Yaitu diantaranya:

1. Yoga

Kadangkala saat bangun tidur, tubuh kita terasa kaku. Olahraga paling sederhana ini yang bisa dilakukan di rumah jika khawatir dengan resiko cedera. Biasanya gerakan seperti mountain pose, cat-cow dan tree pose yang sekarang dapat mudah kita pelajari di YouTube, adalah yang paling mudah dilakukan bagi pemula. Manfaat yang dirasakan adalah tubuh kembali rileks, dan merupakan cara paling baik untuk mengatasi depresi. Dengan cara melakukan satu gerakan, lalu menahan posisi tersebut selama 30 detik dengan napas normal, dan setelahnya kembali ke posisi awal. Ulangi pose ini 5-10 kali. Dan gerakan yoga dapat dikombinasikan satu sama lain.

2. Jogging

Jangan salah! Melakukan kegiatan olahraga jogging, bisa dilakukan di rumah dengan cara lari di tempat. Jogging pun dapat dilakukan tanpa alat, atau dengan alat treadmill. Dan manfaatnya tidak jauh beda dengan joging biasa. Diantaranya, membakar kalori, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular), meningkatkan asupan oksigen dalam aliran darah, mengurangi resiko tekanan darah. Selain itu juga, jogging dapat membuat tidur lebih nyenyak dan suasana hati tenang. Lakukan jogging antara 5-30 menit setiap harinya.

3. Push Up

Salah satu kegiatan olahraga sederhana tanpa menggunakan alat, adalah push up. Kegiatan ini dapat dilakukan di mana saja dan tidak terlalu memakan waktu. Manfaat push up ini, selain membentuk otot tubuh bagian atas, membakar kalori, juga mengurangi resiko osteoporosis dan dapat memperbaiki postur tubuh. Kegiatan ini dapat dilakukan sebanyak 30-100 kali setiap hari. Jangan lupa untuk melakukan dengan cara yang benar agar tidak cedera.

4. Sit Up

Tidak jauh berbeda dengan push up, sit up juga merupakan kegiatan olahraga sederhana yang dapat dilakukan di mana saja. Manfaat sit up ini, selain melatih serta memperkuat otot bagian perut (abdominal) dan juga sedikit otot pangkal paha, menjaga kestabilan dan keseimbangan tubuh, membuat jantung lebih sehat, juga dapat melancarkan peredaran darah. Lakukan sit up sebanyak 100 kali setiap hari, agar manfaatnya dapat kita rasakan.

5. Naik Turun Tangga

Ternyata kegiatan yang kita anggap sederhana ini, selain dapat bisa menguatkan otot-otot tubuh, menyehatkan jantung, menurunkan resiko stroke, juga cukup membakar kalori. Saat melakukan kegiatan naik turun tangga ini, kalori yang terbakar berkisar antara 175 hingga 275 kalori per jam (tergantung pada berat badan kita). Bagi pemula, cukup melakukan kegiatan ini selama 10 hingga 15 menit. Dan bisa dilanjutkan dengan kegiatan olahraga sederhana lainnya.

6. Naik Turun Kursi

Yes! Inilah kegiatan yang dapat kita lakukan jika di rumah tidak dapat melakukan kegiatan di nomor 5. Caranya juga hampir sama, yaitu menaiki dan menuruni kursi. Hanya saja, kita perlu pastikan ketinggian kursinya sesuai dengan kemampuan tubuh. Dan menggunakan kursi yang statis dan aman tidak bergerak saat kita naiki. (Psst, jangan pakai kursi yang memiliki roda dan bisa berputar ya, nanti malahan bisa cedera. Apalagi kalau sampai berpikir menggunakan barstool. Hihihihi).

 

Nah, agar lebih semangat lagi dalam melakukan salah satu dari kegiatan olahraga di atas, tidak ada salahnya, kita coba dengan memutar musik kegemaran yang cukup membuat tubuh kita bergoyang asyik mengikuti irama, bahkan music yang membuat kita lebih rileks. Sambil bernyanyi-nyanyi kecilpun, tidak akan ada yang melarang, ya kan?! Dan pastikan, standar aktivitas fisik selama 150 menit per minggu dapat tercapai.

So…

Jika kamu memiliki 1000 alasan untuk enggan berolahraga, masih ada 2 alasan yang dapat mengalahkan dan dapat diperjuangkan di rumah. Yaitu TUBUH YANG SEHAR BUGAR dan RUMAH YANG RAPI BERSIH.

Yuk, SEMANGAT ahhh!  

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *