10 Tips dan Trik Memilih Template Blog

10 Tips dan Trik Memilih Template Blog– Template menggambarkan identitas blog kita. Ibarat pakaian bagi blog kita yang tentunya akan meninggalkan kesan awal bagi pengunjung. Template juga bak sebuah rumah yang bisa memberikan kenyamanan bagi tamu yang berkunjung. Dalam memilih template blog kita perlu membperhatikan banyak hal mulai dari tampilan, kecepatan, SEO dan sebagainya. So… bagaimana cara memilih template yang baik untuk blog kita?

1. Kesesusian Template

Template blog jangan asal bagus saja, tapi sesuaikan dengan tema apa yang kita bahas di blog atau niche blog kita. Kan lucu ya, kalau blog kita isinya tentang kuliner atau resep masakan tapi template yang dipakai temanya beauty/kecantikan.  

2. Memiliki Navigasi yang Jelas

Blog kita bisa dikatakan SEO friendly jika memiliki struktur navigasi yang jelas sehingga memudahkan pengunjung menemukan artikel yang ingin dicari, memudahkan berpindah ke artikel sebelumnya ataupun selanjutnya

3. Memiliki Struktur Tag Heading

Struktur tag heading juga penting dalam template dan berpengaruh dengan SEO blog kita. Tag heading terdiri dari 6 mulai tag Heading 1 (H1) sampai dengan Heading 6 (H6) dengan ukuran font berbeda-beda. Tag H1 lebih besar dibanding H2, dan seterusnya hingga H6.

4. Loading Template Ringan

Template blog yang ringan dan cepat tentunya akan lebih disukai pengunjung dan juga tentunya mesin pencari. Tidak ada yang akan betah berlama-lama dengan blog yang loadingnya lama, jangan sampai pengunjung blog bete dan pergi meninggalkan blog kita. Jadi pilihlah template blog yang ringan dan cepat serta kurangi widget-widget yang tidak perlu.

5. Warna Template Terang dan Tidak Norak

Kombinasi warna template akan memiliki kesan bagi pengunjung blog. Pilih warna yang terang misalnya putih sehingga memberikan kenyamanan di mata pengunjung. Berikan kombinasi warna yang tidak norak, jangan terlalu banyak warna juga. Pilih kombinasi maksimal 3 warna.

6. Responsif

Desain template yang response juga penting untuk kebutuhan SEO. Template harus bisa menyesuaikan tampilan secara otomatis dengan ukuran dan jenis perangkat yang digunakan oleh pengunjung saat membuka blog kita. Jadi blog kita bisa dibuka dengan tampilan yang baik di PC/Desktop, smartphone, tablet, dan lainnya.

7. Layout Rapi, Clean, dan User Friendly

Template yang sederhana, minimalis, rapi dan bersih sangat disukai Google. Pengunjung juga akan merasa nyaman memandang. Layout template juga berpengaruh pada kualitas SEO. Pilih template yang halaman konten berada di sebelah kiri dan sidebar berada di sebelah kanan.

8. Mobile Friendly

Saat ini angka pengguna internet lebih banyak yang menggunakan mobile/smartphone dibanding dengan perangkat komputer/PC. Google memiliki algoritma yang bernama mobile-first-indexing. Jadi robot mesin telusurnya Google akan lebih memilih situs/blog yang sudah mobile-friendly dan memprioritaskan untuk nangkring di halaman teratas. Untuk mengecek apakah blog kita sudah mobile-friendly, bisa dicek disini >>> https://search.google.com/test/mobile-friendly.

9. Tidak ada Kesalahan Data Terstruktur

Hal ini juga penting untuk SEO blog kita. Google Search Console mengisyaratkan untuk memilih template dengan struktur yang baik sehingga robot Google akan dengan mudah mengidentifikasi blog. Untuk mengecek adanya struktur data yang error atau tidak, bisa dicek tools dari Google >>> https://search.google.com/structured-data/testing-tool/u/0/.

10. Fitur yang Memadai

Pastikan blog kita memiliki beberapa fitur berikut seperti breadcrumb (alat bantu navigasi), artikel terkait, tombol share, kolom komentar yang memudahkan pengunjung untuk memberi komentar, slide show, dan lainnya. Dan sesuaikan fitur tersebut dengan kebutuhan. Jangan juga memasang terlalu banyak fitur sehingga terkesan ramai dan membingungkan pengunjung. Sekian sesi sharing di #SelasaBlog ini. Oh iya… jangan lupa buibu untuk ikutan #TantanganBlogging IIDN Periode April 2020, akan ada hadiah menarik untuk 1 (satu) orang pemenang.      

Bagikan:

1 Comment

  1. Betul sekali mbak, template yang menarik tapi tidak norak menjadi nilai tambah dari sebuah blog, ditambah pagspeed nya 100 maka visitor akan betah² berlama-lama di blog kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *