Kesalahan yang Wajib Dihindari oleh Blogger Pemula (Bagian I)

Kesalahan yang Wajib Dihindari oleh Blogger Pemula (Bagian I) – Melakukan kesalahan ketika mengerjakan sesuatu yang baru adalah hal yang biasa terjadi. Wajar karena kita baru kenalan, mempelajari, dan belum terbiasa dengan hal tersebut. Dari kesalahan-kesalahan tersebut kita bisa belajar dan berbenah diri. Begitupun dalam dunia blogging, bagi Blogger Pemula masih sering melakukan kesalahan. Tulisan berikut bisa menjadi bahan review bagi para blogger yang baru memiliki blog. Btw, apa saja sih kesalahan-kesalahan yang wajib dihindari oleh blogger pemula?

1. Plagiarisme yang Tidak Disengaja

Blogger pemula kadang bingung harus menulis apa ketika sudah membuat blog baru. Cara instan yang kadang dilakukan adalah copy paste artikel dari web lain. Selain artikel, tanpa sadar blogger melakukan plagiarisme gambar, foto, musik, dan video tanpa menyebutkan sumbernya. Don’t do it! karena mbah Google akan menganggap blogger tersebut sebagai copyer dan akan mendapatkan sanksi peringatan dari Google bahwa blog tersebut dianggap sebagai spam
Solusinya agar blogger tidak menjadi plagiat adalah :
  • Biasakan menulis artikel asli karya sendiri;
  • Jika ingin mengambil gambar, foto, musik, dan video dari situs lain atau sosial media terlebih dahulu izin dulu ke pemilik dan/atau mencantumkan sumbernya;
  • Untuk foto dan gambar bisa cari dan unduh di situs penyedia gambar gratis (tentang hal ini sudah pernah dibahas pada Selasa Blog minggu lalu).

2. Desain Background yang Buruk

Hindari menggunakan background yang gelap ataupun warna menyala dengan teks yang terang. Utamakan kenyamanan pembaca blog kita karena membaca online beda dengan membaca buku dan majalah. Jika pengunjung tidak nyaman mereka akan langsung kabur dari blog kita.

3. Terlalu Banyak Sidebar

Desain template blog yang tertata rapi tentunya nyaman dipandang mata. Kurangi penggunaan banyak warna (pakai 2-3 kombinasi warna), Sederhanakan sidebar yang ada di blog sehingga pengunjung bisa lebih fokus pada saat membaca artikel di blog kita,

4. Background Musik yang Autoplay

Siapa yang pernah kesel ketika mengunjungi sebuah blog dan tiba-tiba dikagetkan dengan background musik? Fitur yang tidak terlalu penting, bikin loading lambat dan memakan banyak bandwith plus mengganggu banget buat pengunjung. Patut dicatat, pengunjung ga butuh background musik tersebut, mereka butuh konten berkualitas.

5. Tidak Punya Tujuan Nge-Blog

Salah satu hal yang harus dimiliki ketika membuat sebuah blog adalah tujuan. Dengan adanya tujuan kita jadi tahu blognya mau diarahkan kemana. Setiap blogger wajib punya tujuan kenapa dia ngeblog. Kalau ga punya tujuan kemungkinan konten blognya akan kemana-mana atau mungkin berhenti di tengah jalan akhirnya saking lamanya vakum jadinya “blogger lupa password”.
Contohnya nih, membuat blog agar bisa sharing keseharian sebagai ibu rumah tangga dan keluarga. Jadi konten blognya terfokus pada berbagai hal tentang keluarga, parenting, dan lain-lain.

6. Tidak Berkomitmen pada Proses

Bagi blogger pemula jangan mengira bisa dengan cepat mendapatkan banyak uang dari aktivitas blogging. Membangun blog butuh waktu, usaha, dan bersabar dengan prosesnya. Bagi bloger pemula buat rencana untuk membuat 2-3 postingan menarik tiap minggunya selama 6 bulan atau lebih.

7. Kurang Konsisten

Semangat diawal tapi lambat laun melempem, tidak sering blogging, jarang menjawab komentar, dan menulis seadanya. Tidak memiliki tujuan dalam ngeblog juga bisa membuat kita tidak konsisten ngeblog
Para blogger ada yang pernah melakukan kesalahan yang sama seperti diatas ketika awal-awal nge-blog? Saling sharing di kolom komentar yuk!
Eits… masih ada beberapa lagi kesalahan yang wajib dihindari oleh blogger pemula, Insya Allah akan bersambung di bagian ke-2
Semoga bermanfaat!
Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *