Kesalahan yang Wajib Dihindari oleh Blogger Pemula (Bagian II)

Kesalahan yang Wajib Dihindari oleh Blogger Pemula (Bagian II) – Semangat Pagi! Selasa Blog kali ini masih akan melanjutkan tema beberapa minggu lalu tentang kesalahan yang wajib dihindari oleh blogger pemula. Bagi yang belum membaca bagian pertama bisa klik disini

 

8. Tidak Memperhatikan SEO dan Terlalu Fokus SEO

Seorang blogger tentunya harus bisa menulis. Agar tulisan kita menarik dan enak dibaca tentunya kita juga harus belajar menulis. Jika ingin tulisan di blog kita dibaca oleh banyak orang tentu harus belajar SEO agar tulisan kita dilirik oleh robotnya Google. Untuk blogger pemula belajar dasar-dasar SEO juga penting. Tapi, jangan sampai terlalu fokus sama SEO sehingga rasa didalam tulisan berkurang sehingga tulisan kita kurang diminati oleh pembaca (manusia).

So, usahakan membuat artikel yang disukai pembaca terlebih dahulu, baru setelah itu menggunakan strategi SEO.

 

9. Terlalu Banyak Topik

Punya banyak topik di blog sebenarnya bukan masalah. Tapi bisa membuat blog kehilangan identitas, keunikan, sulit berkembang dan sulit mendapatkan pembaca setia.

 

10. Fokus Pada Kuantitas Bukan Kualitas

Blogger pemula biasanya semangat banget untuk mengisi blog dengan banyak tulisan entah itu karya sendiri ataupun hasil copas dari blog/website lain. Sebuah teori menyatakan bahwa blogging perlu beberapa kali dalam seminggu untuk membuat tulisan bisa menarik bagi pembaca dan mesin pencari. Tulisan yang baik butuh waktu untuk melakukan riset, kedalaman menulis, dan editing. Kita pasti sepakat bahwa tidak cukup waktu sehari untuk melakukan hal tersebut dengan baik.

 

11. Headline Jelek dan Tulisan yang Buruk

Headline atau judul adalah bagian yang paling penting didalam tulisan kita yang bisa menarik perhatian pembaca. Buatlah judul yang pendek dan deskriptif. Sebaiknya gunakan maksimal 7 kata dan Google juga membatasi judul hingga 70 karakter.

Tulisan yang buruk membuat kita bisa kehilangan pembaca. Sering kita menemukan kesalahan dalam format, ejaan, dan tata Bahasa pada sebuah artikel online. Kesalahan ini tentunya membuat tulisan tersebut sulit dan tidak enak dibaca dan pesannya sulit untuk tersampaikan dengan baik. Tulisan yang baik bukan sekedar kalimat yang terstruktur dan ejaan yang benar tapi juga mudah dibaca dan dipahami.

 

12. Struktur Postingan Blog

Tampilan blogpost juga berpengaruh besar pada keberhasilan sebuah blog. Blogpost yang tersusun dan terstruktur dengan baik dapat membuat artikel mudah dibaca dan juga berpengaruh dari segi SEO. Sertakan lebih banyak gambar tapi dengan ukuran yang ringan. Berikan sub headline pada postingan karena selain berpengaruh pada SEO juga membuat tulisan lebih mudah dibaca.

 

13. Tidak Mengenal Audiens

Hal yang sering dilakukan oleh blogger pemula adalah tidak mengetahui target audiens atau pembaca. Sehingga blogger terlalu membuat banyak konten tanpa menyadari apakah audiens mau membaca.

Tentukan terlebih dahulu pembaca seperti apa yang akan ditargetkan seperti misalnya jenis kelamin, usia, profesi. Sehingga ketika sudah mengetahui target pembaca kita bisa meriset bacaan yang digemari oleh audiens.

 

14. Tidak Berinteraksi dengan Pembaca melalui Komentar

Setelah artikel yang sudah diterbitkan kita harus siap-siap menjawab pertanyaan dari pembaca melalui kolom komentar. Blogger pemula harus tahu pentingnya menjawab komentar, artinya kita peduli dengan pembaca. Balaslah komentar dengan baik maka pembaca lain akan ikut memberikan komentar juga. So, jangan malas membalas komentar, kecuali komentar SPAM.

 

15. Blog Loadingnya Lambat dan Tidak Responsif

Ketika blogwalking sering kita menemukan blog yang loadingnya lama banget. Blogger pemula harus tahu nih, semakin cepat blog maka akan semakin disukai pembaca dan mesin pencari. Hal-hal yang membuat loading blog lambat antara lain : gambar/foto ukurannya terlalu besar, terlalu banyak plugin dan widget yang ga penting, dan salah pilih tema atau template.

Pemilihan tema atau template juga penting. Pilihlah tema yang responsive yang dapat dibuka pada semua gadget. Jadi temanya akan secara responsive mengikuti ukuran di gadget.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *