Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis, didirikan di Bandung oleh Indari Mastuti pada bulan Mei 2010, memiliki tujuan menjadi wadah para penulis perempuan di Indonesia.

Indari Mastuti, Pendiri IIDN

Kini IIDN memiliki 21 ribu member yang tersebar di seluruh Indonesia serta di beberapa tempat di luar Indonesia dan memiliki korwil aktif di beberapa kota besar Indonesia.

Komunitas ini memiliki banyak program diantaranya:

  1. Program rutin berbasis Facebook grup di mana di dalamnya dilakukan berbagai bentuk diskusi dan aktivitas kepenulisan dalam kemasan: #SeninSemangat, #SelasaBlog. #RabuBuku, #KamisKuis, #JumatFIKSI dan #SabtuPUEBI
  2. Memfasilitasi penulisan dan penerbitan buku anggota.
  3. Memfasilitasi penulisan, penerbitan dan pemasaran buku antologi anggota secara indie bekerjasama dengan berbagai penerbit indie
  4. Bekerjasama dengan pihak-pihak di luar IIDN dalam penulisan buku, kampanye digital atau hal-hal lain yang terkait penulisan. Beberapa mitra yang pernah bekerjasama:
    1. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, untuk penulisan buku “Aku dan Cagar Budaya” bersama 30 penulis IIDN.
    2. Kunikita, untuk kampanye digital produk dan gaya hidup Happy-Healthy-Halal.
    3. Integrated Theurapetic, untuk meliput bedah buku Antiaging for Busy Mom.
    4. Hit, untuk liputan event Produk Hit.
    5. KBR (Kantor Berita Radio) untuk liputan event dan lomba blog Perubahan Iklim, Hari Pneumonia Dunia dan BBM Ramah Lingkungan.
    6. Modena untuk lomba blog “Live Healthy Be Happy“.
    7. Mondelez untuk liputan sharing session dan lomba blog dengan tema Ngemil Bijak.
    8. IM3 Ooredoo untuk membuat 25 sesi Webinar dan lomba blog dengan tema Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog.
    9. Direktorat Pelindungan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk lomba menulis dengan tema Meneropong ‘Negeri Kayangan’ Dieng.
    10. Medikids Kemang untuk liputan Grand Opening Medikids Kemang dan lomba blog.
    11. ASUS Indonesia untuk membuat 4 sesi webinar dan lomba blog dengan tema Perfect Device Built for Your Business.

Bagikan: