Tips Asyik Ngeblog Untuk Blogger Pemula

Ditulis kembali dari materi #SelasaBlog IIDN

Kali ini, sengaja Selasa Blog didedikasikan untuk teman-teman blogger pemula. Kenapa lagi-lagi untuk pemula? Karena di komunitas ini buanyak sekali blogger newbie. Baiklah, langsung saja bagi tips sederhana buat teman-teman.

KONSISTENSI mutlak diperjuangkan

Ya, kan ceritanya pengin jadi blogger, sebaiknya ngeblog tiap hari. Ngeblog tiap hari enggak HARUS posting tulisan baru tiap hari, jika itu masih berat. Teman-teman bisa bikin jadwal misalnya: Senin posting, lanjut share di media sosial. Selasa, membalas komen yang masuk sekaligus blogwalking. Rabu, belanja ide. Mencari ide untuk postingan yang akan datang. Kamis, mengolah ide menjadi draft Jumat, Blogwalking lagi. Sabtu, finishing tulisan untuk diposting seninnya, dan seterusnya. Sesuaikan saja dengan aktivitas teman-teman sehari-hari.

Sederhanakan!

Pilih tema yang mudah dan disenangi. Sedapat mungkin kenali tema-tema apa yang membuat teman-teman bersemangat atau bahagia saat menula dan membacanya, lalu tulislah tema tersebut. Menulislah dengan sederhana. Gunakan kalimat pendek-pendek yang simpel supaya tidak belibet. TIDAK perlu tergoda meniru gaya tulisan orang lain yang menurut menurut teman-teman keren. Nulis yang bikin Anda nyaman saja. Pura-puralah jadi pembaca, apakah tulisan sudah mudah dipahami?

Cari hal menyenangkan dari ngeblog Jangan dulu memburu target penghasilan dari blog, atau trafik yang sangat ramai, dan pencapaian yang menurut Anda wah. Bahkan, sekadar “keberhasilan” untuk post 1 tulisan, patut dirayakan! Carilah hal menyenangkan lain dari blog. Kalau buat saya, salah satunya adalah proses mengedit gambar. Wuihhh…itu stress releasing banget buat saya. Coba utak-atik pakai canva, atau app lainnya.Percayalah, melihat post di blog sendiri makin canti, itu udah bakal bikin semangat bangkit!

Berkomunitas

Berkomunitas itu dengan aktif, take-and give, dan dengan itikad baik. Insyaallah bakal banyak manfaatnya, deh. Nah, itu dulu dari buketu. Silakan teman-teman lainnya yang mau menambahi. Monggo

Salam sayang,

Buketu.

Widyanti Yuliandari
Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *